Laman

Rabu, 20 Juli 2011

7 Kebiasaan Buruk Setelah Makan

Ada sekitar tujuh kebiasaan buruk yang diperhatikan sesaat setelah makan. Kebiasaan ini akan membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Kebiasaan-kebiasaan buruk itu adalah sebagai berikut.
1. Merokok


Sudah bukan rahasia lagi bagi masyarakat Indonesia, sepertinya tidak afdhal jika tidak merokok setelah makan. Peringatan bagi para perokok, banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi sebatang rokok setelah makan, sama dengan mengisap 10 batang rokok dalam sekali waktu. Artinya, kemungkinan Anda terserang kanker sepuluh kali lebih besar.

2. Langsung Mengonsumsi Buah-Buahan


Langsung mengonsumsi buah-buahan setelah makan akan menyebabkan perut dipenuhi udara. Untuk itu, makanlah buah-buahan 1-2 jam setelah makan atau 1 jam sebelum makan.

3. Langsung Minum Teh
Daun teh mengandung kandungan asam yang tinggi. Kandungan ini akan menyebabkan kandungan protein pada makanan yang telah dikonsumsi sulit untuk dicerna.

4. Mengendorkan Ikat Pinggang


Mengendorkan ikat pinggang setelah makan akan menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

5. Langsung Mandi
Mandi akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki, dan badan yang menyebabkan jumlah udara di sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di sekitar perut.

6. Langsung Berjalan-Jalan
Orang-orang sering mengatakan bahwa berjalan beberapa langkah setelah makan akan memperpanjang umur. Pada kenyataannya, hal ini tidaklah benar. Berjalan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah dimakan.

7. Langsung Tidur
Makanan yang kita konsumsi tidak dapat dicerna secara baik. Hal ini akan menyebabkan usus mengalami kembung dan peradangan. Selain itu, akan membuat perut membuncit.


>>sumber : Nadia, Bianda dkk. 2010. Hidup Sehat Berdasarkan Golongan Darah A. Jakarta: Dukom Publisher.

***
Oleh karena itu mari kita jalankan pola hidup sehat khususnya pola makan yang sehat mulai dari sekarang agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh kita dan membuat hidup kita lebih nyaman...... :)

"Endang Dwiyana Hakim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar