Laman

Jumat, 13 April 2012

Gigi Tiruan Sebagian (GTS) - 1


Geligi tiruan yang menggantikan satu atau lebih, tetapi tidak semua gigi serta jaringan sekitarnya dan didukung oleh gigi dan atau jaringan di bawahnya, serta dapat dikeluar-masukkan ke dalam mulut oleh pemakainya, dikenal sebagai Geligi Tiruan Sebagian Lepasan (= removable partial denture).

Ilmu gigitiruan sebagian dikenal pula sebagai partial denture prosthetic atau removable partial prosthodontics.

Fungsi gigitiruan sebagian lepasan

Dengan maksud menghindari akibat-akibat yang tak diinginkan, biasanya dibuat suatu alat tiruan sebagai pengganti gigi yang sudah hilang. Fungsi geligi tiruan sebagian lepasan adalah memperbaiki fungsi mastikasi, memulihkan fungsi estetik, meningkatkan fungsi fonetik, serta mempertahankan jaringan mulut yang masih ada agar tetap sehat.

1.Pemulihan fungsi estetik

Alasan utama seorang pasien mencari perawatan prosrodintik biasanya karena masalah estetik, baik yang disebabkan hilangnya, berubah bentuk, susunan, warna maupun berjejalnya gigi-geligi. Nampaknya banyak sekali pasien yang dapat menerima kenyataan hilangnya gigi, dalam jumlah besar sekalipun, sepanjang penampilan wajahnya tidak terganggu.

2.Peningkatan fungsi bicara

Alat bicara yang tidak lengkap dan kurang sempurna dapat mempengaruhi suara penderita. Dalam hal ini geligi tiruan dapat meningkatkan dan memulihkan kemampuan bicara, artinya ia mampu kembali mengucapkan kata-kata dan berbicara dengan jelas, terutama bagi lawan bicaranya.

3.Perbaikan dan peningkatan fungsi pengunyahan

Pola kunyah penderita yang sudah kehilangan sebagian gigi biasanya mengalami perubahan. Jika kehilangan beberapa gigi terjadi pada ke dua rahang, tetapi pada sisi sama, maka pengunyahan akan dilakukan semaksimal mungkin oleh gigi asli pada sisi lainnya. Setelah pasien memakai protesa, ternyata ia merasakan perbaikan. Perbaikan ini terjadi karena sekarang tekanan kunyah dapat disalurkan secara lebih merata keseluruh bagian jaringan pendukung. Dengan demikian gigitiruan ini berhasil mempertahankan atau meningkatkan efisiensi kunyah.

4.Pelestarian jaringan mulut yang masih tinggal

Pemakaian geligi tiruan sebagian berperan dalam mencegah atau mengurangi efek yang timbul karena hilangnya gigi.

5. Pencegahan migrasi gigi

Membiarkan ruang bekas gigi begitu saja akan mengakibatkan terjadinya overerupsi gigi antagonis dengan akibat serupa. Bila overerupsi ini sudah demikian hebat sehingga menyentuh tulang alveolar pada rahang lawannya, maka akan terjadi kesulitan untuk pembutan protesa di kemudian hari.

6. Peningkatan distribusi beban kunyah

Hilangnya sejumlah besar gigi mengakibatkan bertambah beratnya beban oklusal pada gigi yang masih tertinggal. Keadaan ini akan memperburuk kondisi periodontal, apa lagi bila sebelumnya sudah ada penyakit periodontal.

Pada pasien edentulous sebagian, kondisi rongga mulut dan gigi geligi sangat bervariasi pada setiap individu. Disatu sisi, prinsip perawatan gigitiruan sebagian lepasan (GTSL) adalah mempertahankan struktur rongga mulut semaksimal mungkin. Disisi lain diperlukan evaluasi yang teliti terhadap gigi geligi yang tinggal untuk mempersiapkan rongga mulut dalam menerima GTSL.


***

Sumber:

  1. Gunadi HA, Suryatenggara F. 1991. Buku Ajar Ilmu Geligi Tiruan Sebagian Lepasan Jilid I. Jakarta: Hipokrates.
  2. Haslinda Z. 2001. Bagaimana Mempersiapkan Gigi Yang Tinggal untuk Menerima Gigitiruan Sebagian Lepasan. Dentika Dental Journal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar